kamarkecil

Resolusi 2008: Bikin Tong Sampah Gang Rumah

Posted on: Desember 25, 2007

sampah-tpa3-resize.jpgSeharian penuh hujan lebat bikin otak adem. So, pas mikir tahun depan mau ngapain, langsung nyamber. Kami mau buat dua tong sampah besar. Tong sampah ini ntar digambar dulu ma anak-anak NAKNIK di gang kami. Terserah deh, mau corat-coret apa aja.

Kenapa tong sampah? Daerah mukim kami di Subak Dalem saat ini menjurus ke pembuangan sampah liar yang menyulut konflik. Sebagian orang buang di lahan terbuka, sebagian lagi buang ke sungai. Pokoknya bebas hambatan. Nah, buang ke lahan kosong ini biasanya jadi konflik karena sampah ga ada yang ngurus, cuma ditumpuk. Belum lagi kalau terbang kemana-mana.

Maunya, tong sampah besar untuk nampung sampah satu gang di rumah ini untuk dua macam sampah. Organik dan non organik. Ntar tinggal tanya anak PPLH gimana cara bikin kompos langsung di tong sampah.

Nah, masalahnya, bagaimana cara agar orang-orang mau milah sampahnya sebelum dibuang ke dua tong itu? Hayoo… Ini nyang susyah…

Iklan

5 Tanggapan to "Resolusi 2008: Bikin Tong Sampah Gang Rumah"

kasi penyuluhan (mungkin) ? *repotttt kali yaaaa*

percuma dipilah organik dan anorganik. larinya jg ke satu tempat: suwung. jd ya mubazir, eh, muhajir saja kalo dipisah. mmuah!

dipilih aja yang bs di jual n tidak…kenya lebih gampang…bung anton aku boleh muah enggak sm mbak lode… *kabur

to arie: emang ane ibu pejabat? hehe but, anak PPLH yang sering ngasi edukasi pengelolaan smpah udah oke unt dateng, asalkan kita yang mobilisasi massa (kaya mo demo…)

bli anton: ini cuma langkah awal biar mereka mikirin sampahnya sendiri

goyangan: gile, itu pinggangnya siapa dipinjem? udah bayar royalty blum???

emang agak susah seh…! Tapi bisa kok, pisahin aja dari rumah dan pilih di tiap rumah tangga siapa yang bertanggungjawab atas sampah tersebut.Syukur2 yang organik diolah sendiri menjadi kompos, bisa kok!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

if (WIDGETBOX) WIDGETBOX.renderWidget('f7506fb9-0736-4d9f-b97e-86fa89449348');Get the Bali Blogger Community widget and many other great free widgets at Widgetbox! Not seeing a widget? (More info)

a

slide

Desember 2007
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

RSS Bale Bengong

  • Surat Terbuka untuk Kandidat Cagub dan Cawagub Bali
    ForBALI melayangkan surat terbuka menjelang Pilgub 2018. Surat setebal tujuh halaman dari Forum Rakyat Bali Tolak Reklamasi Teluk Benoa (ForBALI) itu ditujukan kepada para calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali yang akan berkontestasi pada Pilgub Bali 2018 maupun partai politik penyokong kedua kandidat. ForBALI telah mengirimkan surat ke masing-masing kandid […]
  • Jalan Pulang Bernama Puisi – Pengantar “Catatan Pulang”
    Menulis bagi saya sebuah terapi dan katarsis. Terlebih setelah saya divonis mengidap skizofrenia pada usia 25 tahun, sesuatu yang membuat langit terasa runtuh dan memorak-porandakan mimpi serta harapan. Saya menekuni puisi sejak SMA saat bergabung di Komunitas Kertas Budaya, komunitas seni di kota kelahiran saya, Negara. Di sana saya mengenal […] The post Ja […]
  • Perayaan Siwaratri di Desa Pekraman Bukit Jangkrik, Bermaknakah?
    Anak muda di Gianyar merayakan Siwalatri dengan cara berbeda. Perayaan Hari Siwalatri di Desa Pakraman Bukit Jangkrik, Samplangan, Gianyar tampak berbeda dengan perayaan-perayaan Siwaratri sebelumnya. Pada perayaan kali ini Paguyuban Seka Truna Truni Bukit Jangkrik melaksanakan nuasen yang diadakan di Pura Pucak Bukit Jangkrik. Rangkaian Nuasen ini dilaksana […]
  • Inilah Era di Mana Video adalah Raja
    Selamat datang di tahun 2018, kita sekarang berada di masa depan. Prediksi-prediksi tentang teknologi di tahun sebelumnya sudah mulai terjadi di tahun ini. Penilitian para ilmuwan sudah hampir mendekati tahap akhir untuk menemukan materi pengganti lensa kamera tradisional yang besar dan berat. Materi ini berupa logam yang direkayasa secara mikroskopis […] Th […]
  • Pertemuan, Ketersesatan, dan Harapan Kecil di Tahun 2018
    Oleh Agus Wiratama Kalau diingat-ingat, pertemuan ini bisa dikatakan sangat miris. Kurang elok rasanya menceritakan hal ini. Tetapi sebagai catatan awal tahun Teater Kalangan, akan saya ceritakan juga bagaimana awal pertemuan saya dengan Teater Kalangan. Saya tersesat karena ketidaksengajaan meskipun sebenarnya kecintaan saya terhadap kesesatan ini mulai dip […]

Blog Stats

  • 129,034 hits
%d blogger menyukai ini: