kamarkecil

Ayo, Konsumen Media Bersatu

Posted on: Juli 22, 2008

Hasil Ngobrol Santai, Cafe Art, 19 Juli 2008
Persiapan Rembug Warga Konsumen Media

Beberapa hal yang didiskusikan:

Ikhwal gagasan rembug konsumen media: hasil diskusi, perbincangan milis, dsb soal kualitas informasi media. Misalnya terbatasnya ruang koreksi bagi pembaca, tingginya intensitas berita iklan yang terselubung, sulitnya bagi isu-isu non politik dan kriminal masuk ke meja redaksi. Selain itu Bali belum melakukan gerakan edukasi konsumen media sebagai upaya mengkritisi pemberitaan, melakukan koreksi, dan lainnya. Fakta yang tersembunyi adalah banyak yang tidak paham bahwa tanda bintang adalah iklan bahkan anggota DPRD, pejabat eksekutif, dll. Persoalannya berita macam ini bermuatan serius, berdampak psikologis, yang berdampak sangat luas pada publik.

Mengajak semua elemen/individu terlibat dalam rembug warga ini sebagai pelaksana dan peserta aktif: sebagai upaya mendidik konsumen media dan hak pembaca atas informasi untuk publik. Apalagi kita semua berkepentingan pada kualitas informasi di media. Pada pertemuan awal sabtu lalu (19/7) yang akan mengawal rembug warga ini adalah Walhi Bali, Bali Journalist Organizer, Sloka Institute, Kisara PKBI, Popo Danes. Lembaga atau individu lainnya silakan bergabung dalam pelaksanaan rembug nanti.

Konsep rembug nanti? (strategi, peserta, teknisnya, dll). Bentuknya dialog interaktif yang dipandu satu fasilitator. Lesehan di halaman belakang Popo Danes Art Veranda, Jl Hayam Wuruk. Minggu (27 juli) jam 4 sore. Mengundang beberapa keyperson seperti pemerhati media dan pengusaha media. Dalam rembug awalan ini akan lebih banyak brainstorming soal kualitas media saat ini dan kampanye hak konsumen media

Bentuk aksi sebagai tindak lanjut. Misalnya pernyataan sikap ke media, terbentuknya komunitas konsumen media di Bali, atau diskusi-diskusi lanjutan untuk kampanye hak publik atas informasi.

Hal lainnya yang relevan yang bisa ditindaklanjuti:

Perlu ada blog khusus yang menampung keluhan konsumen media, surat pembaca yang tidak masuk atau tidak direspon, koreksi, dll.
Newsletter sejenis
Diskusi reguler konsumen media: agar kontrol media dan informasi terus berjalan: setelah rembug, jika diapresiasi dengan baik akan ditindaklanjuti dengan seminar/FGD bersama dewan pers, legislatif, dll
Survei media

9 Tanggapan to "Ayo, Konsumen Media Bersatu"

hmmm.. nunggu laporannya aja deh..šŸ™‚

sy juga nunggu linknya aja di launchingšŸ˜›

saya setuju membentuk media komsumen online sebagai wadah komunikasi semacam mediakonsumen.com

setuju!
zzzz..zzz

buat statemen bernada kritik ke media gak pernah bakalan digubris, apalagi soal kebijakan mereka yg jadi sumber uang. namanya juga “industri jurnalisme”

tapi emang perlu digugat biar gak merugikan para pelanggan media tersebut.

btw, bp kan emang buat iklan.

ide bagus tuh, semoga tercapai yah mbok

salut ide Rembug Warga Konsumen Media, smoga acaranya sukses..

sory gak dateng…ada kerjaan kantor…blusukan ke Bunutan

hasilnya gimana mbok? jadi inget tulisannya mas anton edisi desember lalu. ntar lagi-lagi ada hak jawab tiba-tiba dari BP lewat tante bagian keuangannya. pake ngungkit-ngungkit masa lalu lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

if (WIDGETBOX) WIDGETBOX.renderWidget('f7506fb9-0736-4d9f-b97e-86fa89449348');Get the Bali Blogger Community widget and many other great free widgets at Widgetbox! Not seeing a widget? (More info)

a

slide

Juli 2008
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

RSS Bale Bengong

  • Layanan Kespro JKN Masih Jarang Digunakan
    JKN memberikan manfaat menyeluruh bagi masyarakat dalam layanan kesehatan. Salah satunya layanan kesehatan reproduksi (kespro) untuk perempuan. Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menjadi harapan baru layanan kespro karena lebih meringankan dari sisi biaya. Namun, akses untuk layanan ini belum banyak diketahui dan dimanfaatkan. Hal ini mendorong Yayasan Maha Bh […]
  • Paruman Paguyuban STT Bali Tegas Tolak Reklamasi
    Sebanyak 109 seka teruna teruni (STT) Bali berkumpul.Ā  Selama satu hari penuh, STT yang tergabung dalam Paguyuban STT Bali Tolak Reklamasi Teluk Benoa mengadakan paruman di Sanur, Denpasar. Mereka menolak reklamasi danĀ kriminalisasi aktivis tolak reklamasi. Paruman atau rapat tersebut digelar di Lapangan Bulu Tangkis Indoor, Banjar Adat Buruan, Jalan Danau B […]
  • Dibuka: Lowongan Menjadi Kelian Banjar Dinas
    Desa Tulamben membuka lowongan untuk calon kelian banjar dinas. Kepala Desa Tulamben I Nyoman Ardika membuka secara resmi lowongan tersebut untuk lima banjar dinas di desa yang masuk Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali bagian timur tersebut. Pembukaan lowongan calon kelian banjar dinas dilakukan selama 5-14 Desember 2016. Mereka nantinya akan dipilih […]
  • Klip Dromme tentang Sebuah Rasa yang Semu
    DROMME merilis tunggalan sekaligus video klip pertama mereka. Tanpa banyak kabar,Ā grup musik elektronik pendatang baru di Denpasar, Bali itu menerbitkan lagu Kabut Rasa yang bercerita tentang rasa. Rasa apapun itu yang menjelma seperti kabut yang turun perlahan. Melewati setiap bilah dedaunan dan setiap relung hati. Terkadang datang begitu cepat lalu hilang […]
  • Merestui Reklamasi, Melupakan Etika Demokrasi
    Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla nyaris melupakan etika demokrasi.Ā  Mereka telah berhasil menggalang kekuatan di gedung dewan. Pertemuan dengan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto menunjukan partai ini tak lagi menjadiĀ oposan sejati. Lobi-lobi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pun sudah berbuah jelas dengan disingkirkannya Fahri Hamzah dari PKS […]

Blog Stats

  • 117,869 hits
%d blogger menyukai ini: