kamarkecil

Ayo, Konsumen Media Bersatu

Posted on: Juli 22, 2008

Hasil Ngobrol Santai, Cafe Art, 19 Juli 2008
Persiapan Rembug Warga Konsumen Media

Beberapa hal yang didiskusikan:

Ikhwal gagasan rembug konsumen media: hasil diskusi, perbincangan milis, dsb soal kualitas informasi media. Misalnya terbatasnya ruang koreksi bagi pembaca, tingginya intensitas berita iklan yang terselubung, sulitnya bagi isu-isu non politik dan kriminal masuk ke meja redaksi. Selain itu Bali belum melakukan gerakan edukasi konsumen media sebagai upaya mengkritisi pemberitaan, melakukan koreksi, dan lainnya. Fakta yang tersembunyi adalah banyak yang tidak paham bahwa tanda bintang adalah iklan bahkan anggota DPRD, pejabat eksekutif, dll. Persoalannya berita macam ini bermuatan serius, berdampak psikologis, yang berdampak sangat luas pada publik.

Mengajak semua elemen/individu terlibat dalam rembug warga ini sebagai pelaksana dan peserta aktif: sebagai upaya mendidik konsumen media dan hak pembaca atas informasi untuk publik. Apalagi kita semua berkepentingan pada kualitas informasi di media. Pada pertemuan awal sabtu lalu (19/7) yang akan mengawal rembug warga ini adalah Walhi Bali, Bali Journalist Organizer, Sloka Institute, Kisara PKBI, Popo Danes. Lembaga atau individu lainnya silakan bergabung dalam pelaksanaan rembug nanti.

Konsep rembug nanti? (strategi, peserta, teknisnya, dll). Bentuknya dialog interaktif yang dipandu satu fasilitator. Lesehan di halaman belakang Popo Danes Art Veranda, Jl Hayam Wuruk. Minggu (27 juli) jam 4 sore. Mengundang beberapa keyperson seperti pemerhati media dan pengusaha media. Dalam rembug awalan ini akan lebih banyak brainstorming soal kualitas media saat ini dan kampanye hak konsumen media

Bentuk aksi sebagai tindak lanjut. Misalnya pernyataan sikap ke media, terbentuknya komunitas konsumen media di Bali, atau diskusi-diskusi lanjutan untuk kampanye hak publik atas informasi.

Hal lainnya yang relevan yang bisa ditindaklanjuti:

Perlu ada blog khusus yang menampung keluhan konsumen media, surat pembaca yang tidak masuk atau tidak direspon, koreksi, dll.
Newsletter sejenis
Diskusi reguler konsumen media: agar kontrol media dan informasi terus berjalan: setelah rembug, jika diapresiasi dengan baik akan ditindaklanjuti dengan seminar/FGD bersama dewan pers, legislatif, dll
Survei media

Iklan

9 Tanggapan to "Ayo, Konsumen Media Bersatu"

hmmm.. nunggu laporannya aja deh.. 🙂

sy juga nunggu linknya aja di launching 😛

saya setuju membentuk media komsumen online sebagai wadah komunikasi semacam mediakonsumen.com

setuju!
zzzz..zzz

buat statemen bernada kritik ke media gak pernah bakalan digubris, apalagi soal kebijakan mereka yg jadi sumber uang. namanya juga “industri jurnalisme”

tapi emang perlu digugat biar gak merugikan para pelanggan media tersebut.

btw, bp kan emang buat iklan.

ide bagus tuh, semoga tercapai yah mbok

salut ide Rembug Warga Konsumen Media, smoga acaranya sukses..

sory gak dateng…ada kerjaan kantor…blusukan ke Bunutan

hasilnya gimana mbok? jadi inget tulisannya mas anton edisi desember lalu. ntar lagi-lagi ada hak jawab tiba-tiba dari BP lewat tante bagian keuangannya. pake ngungkit-ngungkit masa lalu lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

if (WIDGETBOX) WIDGETBOX.renderWidget('f7506fb9-0736-4d9f-b97e-86fa89449348');Get the Bali Blogger Community widget and many other great free widgets at Widgetbox! Not seeing a widget? (More info)

a

slide

Juli 2008
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

RSS Bale Bengong

  • Kolaborasi Seni dan Gerakan Sosial untuk Perubahan
    Ratusan anak muda berkerumun di depan panggung. Mengikuti aba-aba gitar dan drum, mereka mulai loncat sambil menganggukkan kepala. Sang vokalis berambut panjang memimpin: “Penguasa jagalah dunia Bumi kita, rumah kita bersama.” Sebuah lagu yang mengingatkan penonton atas bahaya pembangunan tanpa memikirkan dampak terhadap lingkungan sekitar. Penonton pun sere […]
  • Guliang Kangin Mengubah Pola Pikir tentang Pariwisata
    Bendesa Adat Guliang Kangin, Ngakan Putu Suarsana, menceritakan terbangunnya Desa Wisata Guliang Kangin saat menerima kunjungan mahasiswa Program Studi Arsitektur Pertamanan, Fakultas Pertanian Unud, Sabtu, (26/5). Pada awalnya, ide I Ketut Sediyasa ditolak masyarakat. Pada 2012 lalu, I Ketut Sediayasa mempunyai ide untuk mengembangkan tempat kelahirannya, D […]
  • Libur Panjang, Nusa Penida Dibanjiri Wisatawan
    Nusa Penida makin populer sebagai tempat wisata. Libur panjang cuti Lebaran kali ini banyak wisatawan menikmati liburan mereka ke tempat wisata yang lagi instagramable di Nusa Penida, Klungkung, Bali. Lonjakan wisatawan yang berdatangan dari sejumlah pelabuhan seperti Kusamba, Klungkung dan Sanur. Pembelian tiket khusus di Sanur sudah dipesan jauh-jauh hari, […]
  • Catatan Mingguan Men Coblong: Lebaran
    MEN Coblong merasa girang, riang. Bertumpuk perayaan keagamaan yang jatuh bulan Juni ini membuat liku-laku hidupnya menjadi terasa lebih “lurus” dan sedikit “mulus”. Apalagi di bulan Juni ini “umat” Indonesia juga akan memiliki sebuah perayaan “Pilkada”. Semoga “perayaan” Pilkada seramah perayaan beragam agama yang numplek jatuh bulan Juni. Membayangkan Leba […]
  • Catatan Mingguan Men Coblong: Mudik
    Euforia suasana politik terasa “gerah” penuh nuansa-nuansa saling ejek. Dunia pun terasa “mendem”. Perang kata-kata seperti tsunami yang lebih dahsyat dari seluruh tsunami yang terjadi di seluruh dunia. Semua media daring terasa “perang” dunia kesekian. Lebih mengerikan, bahkan beragam dokumen-dokumen rahasia pun meluncur bebas masuk ke dalam rumah-rumah kit […]

Blog Stats

  • 133,430 hits
Iklan
%d blogger menyukai ini: