kamarkecil

Bego Statistik

Posted on: Maret 5, 2009

Akhirnya! Aku mendapat warning kali ketiga dari editorku di The Jakarta Post. Bli jun yang selalu kritis dengan data. Ironisnya, tiap kali ditelepon untuk recek data yang menurut editorku itu agak aneh, aku bengong aja. Maklum, ga merasa bersalah. Ini bukan persoalan aku salah kutip data. Secara visual, data-data itu bener, tapi penafsirannya salah.

Misal nih, kasus terakhir soal hemodialisa. “Dari data yang dirangkum, sejak 1999 jumlah pasien hemodialisa meningkat. Dari 66 orang menjadi 398 orang pada akhir 2008. Sebanyak 32% menjalani terapi dengan akses pasien miskin, 24% dibiayai asuransi kesehatan, sisanya dengan mekanisme pasien umum”

Rabu sore, sekitar jam 6 Bli Jun nelpon. “Eh, apa maksudmu meningkat? NGgak ada data yang baru, kok lama sekali tahun 99. Kan tidak bisa kamu bilang peningkatan itu.”

Aku bengong.

Maksudnya gimana bli??

Ada yang bisa jawab gak?? Menurut anton, suamiku, mestinya aku buat periode misalnya tiga tahun terakhir atau lima tahun terakhir untuk menunjukkan memang ada grafik peningkatan.

Karena menurut dia, dalam bahasa INggris pembacaan data ini harus jelas. MIsalnya nih, istilah extremly high, increase, decrease, etc. Bahas Inggris itu lugas, ga pake basa-basi. Jadi harus jelas range-nya. Begitu petuah Pak Anton. (Maklum habis ujian IELTS)

Memang kuakui aku keok banget di statistik. Kadang2 mengutip begitu saja data statistik tanpa memilah lagi. Ada yang mau mentraining statistik?? MUngkin menarik kalo ada kumon statistik, atau jarimatik statistik, atau sempoa statistik…Aku pasti ikut kursus singkatnya..

Iklan

6 Tanggapan to "Bego Statistik"

huahahaha…. saya sih taunya dikit-dikit aja lah Mbok. Wong emang gak hobi yang beginian…
setau saya sih yang namanya statistik emang gak bisa dipatok dari data dua tahun yang berbeda apalagi dalam rentang waktu yang jauh. 9 taun. waduuuhh…
kalo ndak salah data yang bisa distatistikan itu kan minimal satu ato dua taun sekali. atau per tiga atau lima tahun seperti yang dikatakan Anton. itupun dirunut kondisinya seperti apa.
katakanlah contohnya kalo bicara tentang suku bunga bank, pertumbuhan ekonomi dll.
lagipula datanya minimal ya beragam, maksudnya gak cuma dua atau tiga data….
Statistik itu kenapa saya benci sekali mendengarnya, karena antara data dan hasilnya penuh ketidakpastian. He…. saya sendiri juga bingung waktu dapet ma-kul Statistik beberapa bulan lalu.

oo iya mbok, aku jadi inget prevalen dan insiden.
Jadi mungkin maksudnya bisa begini :

tahun 99 = 66 orang

tahun 2008 = 398 orang, dengan maksud :

thn 99′ = 66 orang yang akan melakukan hemodialisa selama 6 tahun

thn 2000 = 40 orang yang akan terus hemodialisa sampe tujuh tahun,
dan seterusnya sampe 2008.

nah padahal pengguna dialisa bisa jadi naik turun, tapi karena akumulasi kesannya seperti bertambah, padahal itu numpuk dari yang dulu, jadi harus dicari, per tahun berapa orang yang baru jadi pengguna hemodialisa.

Entahlah, mungkin begitu maksudnya :p

maab kalo sotoy… :p

pandebaik: statistik dasar saya dapet C, ngulang lagi C lagi. Puassss..

ahead: wah, ajari statistik dong… u rite, itu akumulasi, dan konyolnya aku ndak buat perincian tahun per tahun. soale datanya ditempel di papan, ribet kalo mengutip semua. …halah, alasan yg tak bisa dipertanggungjawabkan ya

Selamat Sore…
Salam Kenal dari Balikpapan…
Boleh bertukar link..? 🙂

pasien yang melakukan hemodialisa biasanya terkena penyakit apa saja?
(butuh informasi untuk menyelesaikan tugas metodelogi desain komunikasi visual its)

semua penyakit yg berhubungan dengan liver kali ya..:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

if (WIDGETBOX) WIDGETBOX.renderWidget('f7506fb9-0736-4d9f-b97e-86fa89449348');Get the Bali Blogger Community widget and many other great free widgets at Widgetbox! Not seeing a widget? (More info)

a

slide

Maret 2009
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

RSS Bale Bengong

  • Dek Alon Kembali Terpilih Memimpin Muntig
    Setelah dinyatakan lulus, Dek Alon melenggang bebas. Dek Alin menjabat sebagai Kelihan Banjar Dinas Muntig yang kedua kalinya. Sebelumnya, dia bertarung secara bermartabat dengan pesaingnya yaitu Ni Luh Putu Suparwati, istri calon anggota DPRD Kabupaten Karangasem. Mereka bertarung untuk memperebutkan satu kursi kepemimpinan untuk memimpin Banjar Muntig, Des […]
  • Ngiring, antara Pemberontakan Kultural dan Pelarian
    Semoga maraknya orang beragama bukanlah pelarian belaka. Makin sering kita lihat orang Bali berpakaian putih-putih dengan senteng atau kain yang dililitkan di pinggang berwarna poleng (belang) putih-hitam. Ada juga yang berpakaian mencolok dan berbeda dengan penampilan masyarakat pada umumnya. Mereka dengan atribut seperti itu sering dikatakan sebagai orang […]
  • Kalau Bisa Ditunda, Kenapa Buru-Buru Menikah?
    MBA adalah istilah lumrah sekitar 2006 silam. Waktu itu usia saya menginjak 24 tahun. MBA alias married by accident adalah istilah yang lumrah menjadi alasan orang menikah muda. Ini sampai menjadi standar dalam memilih jodoh di antara kawan-kawan saya. Kalimat khas yang masih membekas hingga kini adalah “coba dulu, baru […] The post Kalau Bisa Ditunda, Kenap […]
  • Seminar Konten Digital untuk Generasi Kreatif
    Ada lomba penyiar radio dan seminar nasional September ini. Komunitas Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KOMIK) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Udayana akan menggelar rangkaian kegiatan Communication Events (COMMET) 2017. Kegiatannya lomba penyiar radio dan seminar memproduksi konten digital. Rangkaian COMMET 2017 akan diawali dengan lomba […]
  • Warisan Puisi Gugatan dari Putu Vivi Lestari
    Bali pada pertengahan 1990-an sangat bergairah dengan kegiatan sastra dan teater. Penyair-penyair muda juga tumbuh semarak. Salah satu penyair muda yang sangat berbakat pada saat itu adalah Putu Vivi Lestari. Selain menulis puisi, dia juga aktif di Teater Angin SMA 1 Denpasar. Saat itu, bersama teman-temannya, dia rajin menghadiri acara-acara […] The post Wa […]

Blog Stats

  • 125,827 hits
%d blogger menyukai ini: