kamarkecil

Berbagi Kejengkelan di BBC Tak Pernah Rugi

Posted on: November 17, 2009

Akhir-akhir ini saya suka menyimak kata demi kata postingan di BBC. Mungkin tabiat ini mulai muncul seminggu terakhir. Tak syak, saya selalu gatel buka milis BBC tiap 15 menit kalo lagi ngenet. Padahal, belum ada posting-posting baru, tapi dasar gatel gimana dong.

Saya bingung, kenapa sih rajin banget buka folder bernama baliblogger itu di email saya. Padahal sebalumnya saya jarang buka gmail, email yg saya pake di milis BBC.

Ndak tau, mungkin baru sekarang ketahuan. Sumbernya adalah perang kata-kata. Perang di sini bukan artian debat an sich. Bisa juga sambung rasa atau umpan balik postingan aja.

Karena BBC terdiri dari berbagai orang dengan kultur, cara bekerja, bidang kerjaan, dll yang sangat beragam, memungkinkan ada multi tafsir.

Misalnya nih, soal thread, “apakah kamu seorang blogger?” Ada yang menanggapi secara idealis, ada juga yg merasa kecut karena pernyataan yang terlalu serius. Trus, untuk tread paling hot saat ini, “blogger perempuan keledai” juga asik.

Budaya milis dan online memang sangat rentan konflik. Kita dipaksa menulis perasaan dengan keterbatasan kata-bahasa. Padahal, seringkali usai ngetik kita merasa, “bukan gitu maksudku” Tapi kok bahasannya jadi panjang.

Sialnya lagi, sangat gampang copy paste apa yang diketik orang, untuk dibahas lagi. “Nih, aku copy lagi apa yang kamu bilang sebelumnya.” Alamak, sangat sulit menghindar dari hal seperti ini. Ini budaya tulis, kawan. Jadi semuanya terekam dengan lengkap dan sempurna. Bak kelopak bunga mawar yang utuh di batangnya.

Tak hanya di milis BBC, juga di milis lain yang saya ikuti. Ini yang membuat saya kadang-kadang lama nulis respon untuk hal yang serius. Namun sebaliknya, budaya tulis bisa buat orang spontan.

Misalnya salah satu temen BBC, Anima, yang spontan dan honest kalo komentar. It doesnt make me hate u, mate. Hahaha… Anima buat grup di pesbuk untuk menampung orang yang “hate anima because he’s honest and direct.” So Anima.

Moral cerita ini adalah, pemuda Indonesia sudah selayaknya terus didorong ikutan milis-milis untuk belajar mengurangi “basa-basi” dan ewuh pakewuh ala SBY. Ini spontanitas yang memberi penghargaan untuk orang lain. Ngasi apresiasi dengan spontan.

Yah, nikmati saja BBC apa adanya. Dari yang suka online tapi emoh offline, persekutuan anggota pasif, yang suka online plus offline, dll. BBC toh hanya sebentuk semangat, setitik energi.

Iklan

16 Tanggapan to "Berbagi Kejengkelan di BBC Tak Pernah Rugi"

Hore, yang pertama

perasaan kamu online terus, ga cuman pertamax tapi triple komen. masih jomblo si ya. hehehe

masalah copas men copas itu memang sudah ciri saya jeng.. hehe.. skedar untuk penekanan akan sesuatu *karena saya suka yang ditekan-tekan halahhh…

kalo masalah spontanitas..itu tergantung akan kebiasaan seseorg.. ada org yg spontan, jujur, tapi menyakitkan !!! ada org yg lebih baik gw hati2 deh klo mau nulis drpd ribet ntr urusannya.. mari kita kembalikan kepada orangnya saja, mereka milih yang mana.. 😀

Kalau saya : suka spontanitas dan copas copas.. horeee!!!

ngomong tekan menekan, kali banyak yg mupeng fit… seksis yah

hwhehehee, mantep mbok….

i love you pull deh 🙂

blognya masih dipake ga non? keknya lama ga diapdet.. complicated???

hahahahaaaa….. update pertamaku spesial buat BBC

Cek aja…..hwehehe

…akhirnya… di-update lagi… 🙂

waduh, malu. ada mata-mata

hehe! lov you full dah mbok…. 😉

ini dia seleb BBC

“persekutuan anggota pasif”

hahaha, saya suka istilah ini 😀

Saya sudah keluar milis, jadi ndak mau mengomentari substansinya. Hehe!

Saya suka sambung rasa, diskusi, debat, apa pun namanya. Yang penting logis dan bicara bergantian, walaupun dalam kemasan komentar yang pedas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

if (WIDGETBOX) WIDGETBOX.renderWidget('f7506fb9-0736-4d9f-b97e-86fa89449348');Get the Bali Blogger Community widget and many other great free widgets at Widgetbox! Not seeing a widget? (More info)

a

slide

November 2009
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

RSS Bale Bengong

  • Dek Alon Kembali Terpilih Memimpin Muntig
    Setelah dinyatakan lulus, Dek Alon melenggang bebas. Dek Alin menjabat sebagai Kelihan Banjar Dinas Muntig yang kedua kalinya. Sebelumnya, dia bertarung secara bermartabat dengan pesaingnya yaitu Ni Luh Putu Suparwati, istri calon anggota DPRD Kabupaten Karangasem. Mereka bertarung untuk memperebutkan satu kursi kepemimpinan untuk memimpin Banjar Muntig, Des […]
  • Ngiring, antara Pemberontakan Kultural dan Pelarian
    Semoga maraknya orang beragama bukanlah pelarian belaka. Makin sering kita lihat orang Bali berpakaian putih-putih dengan senteng atau kain yang dililitkan di pinggang berwarna poleng (belang) putih-hitam. Ada juga yang berpakaian mencolok dan berbeda dengan penampilan masyarakat pada umumnya. Mereka dengan atribut seperti itu sering dikatakan sebagai orang […]
  • Kalau Bisa Ditunda, Kenapa Buru-Buru Menikah?
    MBA adalah istilah lumrah sekitar 2006 silam. Waktu itu usia saya menginjak 24 tahun. MBA alias married by accident adalah istilah yang lumrah menjadi alasan orang menikah muda. Ini sampai menjadi standar dalam memilih jodoh di antara kawan-kawan saya. Kalimat khas yang masih membekas hingga kini adalah “coba dulu, baru […] The post Kalau Bisa Ditunda, Kenap […]
  • Seminar Konten Digital untuk Generasi Kreatif
    Ada lomba penyiar radio dan seminar nasional September ini. Komunitas Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KOMIK) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Udayana akan menggelar rangkaian kegiatan Communication Events (COMMET) 2017. Kegiatannya lomba penyiar radio dan seminar memproduksi konten digital. Rangkaian COMMET 2017 akan diawali dengan lomba […]
  • Warisan Puisi Gugatan dari Putu Vivi Lestari
    Bali pada pertengahan 1990-an sangat bergairah dengan kegiatan sastra dan teater. Penyair-penyair muda juga tumbuh semarak. Salah satu penyair muda yang sangat berbakat pada saat itu adalah Putu Vivi Lestari. Selain menulis puisi, dia juga aktif di Teater Angin SMA 1 Denpasar. Saat itu, bersama teman-temannya, dia rajin menghadiri acara-acara […] The post Wa […]

Blog Stats

  • 125,827 hits
%d blogger menyukai ini: