kamarkecil

123 milyar dana JKBM untuk 2,5 juta orang

Posted on: Januari 31, 2010

Kecuali Kabupaten Jembrana, tujuh Kabupaten dan Kota Denpasar di Bali menandatangani MoU Program Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM), Kamis, di Kantor Gubernur Bali. Program ini diberikan hanya untuk penduduk dengan KTP Bali dan belum mempunyai jaminan kesehatan, yang jumlahnya diperkirakan 2.536.886 jiwa.

“Kemampuan masyarakat Bali mengakses kesehatan tidak merata, karena itu JKBM memberikan akses pada warga Bali yang belum tertanggung,” ujar Gubernur Bali Made Mangku Pastika, di hadapan otoritas kesehatan kabupaten.

Dalam perjanjian kerjasama ini, Pemprov akan memberikan dana hibah kepada RSUD di seluruh Kabupaten dan Kota sebesar Rp 123, 2 milyar. Pendanaan ini ditanggung bersama oleh Provinsi dan Kabupaten yang terlibat. Penerima dana JKBM terbanyak RSUD Buleleng sebesar Rp 24,5 milyar, Tabanan, 19,8 milyar, dan Gianyar Rp 18,2 milyar. Hanya Kabupaten Jembrana tidak ikut skema pendanaan JKBM ini karena sudah punya program kesehatan gratis yang dikelola kabupaten, Jaminan Kesehatan Jembrana.

Selain dana hibah untuk rumah sakit daerah, Pemprov Bali juga memberikan dana hibah sebesar Rp 48 milyar lebih, yang juga bersal dari APBD Bali 2010 ke seluruh puskesmas. “Kami masih mengecek, mana puskesmas yang harus ditingkatkan,” kata Pastika.

Selain pemberian dana hibah dalam perjanjian kerjasama ini juga diatur hak dan kewajiban Pemprov dan Pemkab. Misalnya Pemprov wajib melakukan pengawasan ke pemberi layanan kesehatan, sosialisasi program JKBM, dan monitoring serta evaluasi pelaksanaan.

JKBM dilaksanakan di 130 puskesmas di Bali, 8 RSUD, Rumah Sakit Indera, RS Jiwa Bangli, dan RSUP Sanglah Denpasar sebagai pusat rujukan. JKBM tak menanggung semua penyakit. “Dilihat dari biaya dan penyebab penyakit. Kalau penyakit karena perilaku, tidak bisa. Misalnya bedah kosmetik,” jelas Pastika.

Yang tak ditanggung lain seperti kecelakaan lalu lintas, kemoterapi, sirkumsisi, pengobatan narkoba dan non antiretroviral (ARV). Obat methadone, dalam program rumatan methadone untuk pecandu heroin dan ARV, menurut Pastika sudah ditanggung program lain. Ia memastikan, JKBM menanggung biaya pengobatan non ARV pada pasien dengan HIV/AIDS. Misalnya untuk pengobatan penyakit penyerta seperti diare.

Selain pemberian dana hibah, saat bersamaan Gubernur juga menyerahkan 165 buah serifikat hak milik tanah laba pura (tanah asset pura) ke sejumlah kabupaten di Bali. Jadi total keseluruhan sertifikat pelaba pura yang telah diberikan di seluruh Bali 1182 buah. “Diharapkan tidak ada lagi konflik perebutan hak tanah pelaba pura, setelah dilakukan penataan penguasaan tanah dan kepemilikannya pada 2009 lalu,” jelas Pastika.

“Kesehatan dan perumahan adalah hal penting karena berkaitan dengan sekala dan niskala. Saya mempercayai jika dua hal itu terpenuhi, warga Bali akan sejahtera,” kata Pastika.

Salah seorang warga Denpasar, Agustina, mengharap program JKBM juga diikuti dengan pelayanan yang baik. “Saya trauma pakai surat miskin karena diabaikan oleh perawat di rumah sakit. Lebih baik ngutang dulu dari pada ditelantarkan,” katanya saat ditemui di Puskesmas Denpasar Utara. Ia mengaku belum mengurus kelengkapan syarat penggunaan JKBM karena belum tahu.

Iklan

1 Response to "123 milyar dana JKBM untuk 2,5 juta orang"

Tidak ada sistem yang sempurna, mungkin kita memberikan dukungan pada semuanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

if (WIDGETBOX) WIDGETBOX.renderWidget('f7506fb9-0736-4d9f-b97e-86fa89449348');Get the Bali Blogger Community widget and many other great free widgets at Widgetbox! Not seeing a widget? (More info)

a

slide

Januari 2010
S S R K J S M
« Des   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

RSS Bale Bengong

  • Memburu Matahari di Desa Pinggan Kintamani
    Menikmati keindahan pulau Bali bukan melulu di pantai. Mengejar matahari terbit di Desa Pinggan bisa menjadi pilihan menikmati keindahan alam Bali. Bukan hanya berjemur di bawah terik matahari pantai Pandawa atau menikmati senja di tengah keramaian pantai Kuta. Merasakan sensasi mengejar matahari terbit di Desa Pinggan bisa jadi pilihan tepat untuk mencari k […]
  • BEKRAF Developer Day Segera Hadir di Bali
    Bekraf Developer Day bertujuan mendukung para pelaku ekonomi kreatif. Dengan dukungan khususnya di subsektor aplikasi, web, IoT dan game, Bekraf Developer Day diharapkan mampu menginspirasi dengan pengalaman para developer yang telah sukses. Membuat komitmen dari industri untuk memicu semangat kemandirian kewirausahaan developer atau pengembang piranti lunak […]
  • Malu Dong Festival, Spuit Besar Penyebar Formula
    Jika bumi adalah ibu, kita manusia memperkosa ibunya. Setiap hari, setiap jam, setiap detik. Bebal – Sisir Tanah Apa yang kawan-kawan lakukan dalam memperingati Hari Bumi? Apa yang kawan-kawan lakukan untuk menjaga lingkungan sekitar? Dua pertanyaan di atas amat sederhana. Namun, kadang bingung menjawabnya. Atau kawan-kawan lupa Hari Bumi karena euforianya t […]
  • Rotaract Club se-Bali Menggelar Fellowship
    Mengenang masa SMA sambil bakar ikan bersama. Komunitas Rotaract Club se-Bali mengadakan kegiatan keakraban berupa barbeque atau manggang bersama hasil olahan laut. Acaranya pada Sabtu (22/4) 2017 di Villa Sanur Jalan Pengembak, Mertasari, Denpasar. Acara diikuti setiap anggota komunitas ini di antaranya berasal dari Ubud, Denpasar, Seminyak, Nusa Dua, dan C […]
  • Preslisst 8 Diakhiri dengan Banjir Apresiasi
    Hari ini Apresiasi Sineas dan Jurnalis (Presslist) 8 berakhir. Ajang apresiasi karya jurnalistik oleh tim jurnalistik SMA 3 Denpasar, Madyapadma, bagi anak muda itu pun mendapatkan banyak apresiasi, termasuk dari Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra. Walaupun tak hadir karena urusan yang tidak dapat diwakilkan, Rai Mantra tetap memberikan apresiasi […]

Blog Stats

  • 121,982 hits
%d blogger menyukai ini: